Sabtu, 26 Desember 2015

Waspadalah !! Olahraga Berlebihan Membahayakan Kesehatan

Overtraining atau latihan yang berlebihan yang ditandai dengan kelelahan yang luar biasa harus kita waspadai. Latihan olahraga yang berlebihan ternyata membahayakan kesehatan, seperti dikutip dari buku Sehat dan Bugar yang di tulis oleh Sadoso Sumosardjuno,  John Wilkson, meneliti para pembalap sepeda yang telah melakukan latihan keras selama 36 hari dalam waktu lebih dari 6 minggu. Ia menemukan gangguan keseimbangan hormon pada semua atlit tersebut meskipun sudah jelas mereka tidak menmgalami overtraining. Tanda tanda yang tampak pada atlit yang mengalami overtraining diantaranya tegang, nafsu makannya menurun, denyut nadi istirahatnya bertambah, kehabisan glikogen otot, dan mengalami gangguan keseimbangan hormon. 

Latihan-latihan olahraga yang biasanya dapat dilakukan dengan mudah, menjadi terlalu berat. Overtraining dapat terjadi secara bertahap, selama beberapa minggu bahkan selama beberapa bulan, atau malahan hanya semalam saja. Sayangnya ada saja orang yang sudah lemah karena mengalami overtraining, sering malah melakukan latihan-latihan berat lagi. Setiap latihan yang keras, akan menimbulkan kerusakan-kerusakan sel sel otot, dan juga memberikan beban padan tendon, tulang, dan sistem-sistem lain dalam badan.

Cara menghidari
Cara menghindari overtraining, pertama-tama yang kita lakukan adalah teratur mengadakan tes pada latihan-latihan. Misalnya bagi seorang pelari setiap beberapa minggu sekali dilakukan tes dengan lari 5 km. Setelah lari 3 dan 5 km, dicatat denyut nadinya, dan bandingkan dengan latihan-latihan sebelumnya. Bila denyut nadinya 10 % di atasnya atau lebih maka harus dipantau. Berikut adalah cara untuk meminimalakan atau menghindari overtraining :.
1.Selingilah hari latihan yang berat dengan beberapa hari latihan ringan, dan minggu-minggu berat dengan minggu-minggu yang ringan
2.Janganlah menaikkan intensitas latihan secara drastis. Jangan menaikkan jumlah latihan yang anda lakukan lebih dari 10 % setiap minggunya.
3.Makanlah banyak makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral.
4.Tidur yang cukup.

Semoga bermanfaat, Salam sehat bergas waras............... :)

0 komentar:

Posting Komentar