Senin, 21 Desember 2015

Hindari Ini Saat Mulai Latihan angkat Beban

Sebagian besar dari kita mungkin bertanya, hal apa yang sebaiknya harus di hindari agar program fitnes anda tidak mengganggu penambahan berat badan. Secara proporsional , orang kurus dan orang gemuk sebenarnya dalam tubuhnya memiliki modal otot yang sama. Tinggal bagaimana caranya mengaktifkan sejumlah banyak otot dalam tubuh sehingga bisa di fungsikan dalam latihan. Jadi bentuk latihannnya hampir sama, hanya  saja perbedaanya terletak pada intensitas, atau beban latihan. Namun ada beberapa hal yang harus anda hindari saat berlatih :
1. Terlalu lelah
Olahraga apapun yang anda lakukan sebaiknya jangan terlalu lelah. Bila anda rajin melakukan fitnes, porsi latihan jangan terlalu sering, 3 kali seminggu cukup, atau paling banyak 4 kali seminggu.

2. Teknik yang salah
Kontrol postur atau teknik yang benar saat latihan. Melakukan teknik yang salah tidak akan membuat tubuh anda menjadi seperti yang anda inginkan. Pada saat berlatih, konsentrasikan pada otot-otot yang berpenampang besar seperti dada , paha dan sayap. Hal tersebut dapat menjanjikan bertambahnya jumlah berat badan yang lebih banyak. Penambahan bobot atau volume akan terasa lebih besar sehingga berdampak terhadap penambahan berat badan. Namun bukan berarti mengabaikan otot-otot yang medium dan yang kecil seperti bahu dan tangan, agar latihan tetap proporsional dan seimbang.

3. Melakukan" paket berat "
Latihan sebaiknya dilakukan dengan latihan ringan-berat-ringan-berat, jangan melakukan latihan yang berat terus, karena akan membebani otot dan tidak ada waktu istirahat untuk otot.

4. Pemanasan yang " panas"
Jangan terlalu lama melakukan pemanasan. Bila anda melakukan pemanasan terlalu lama tubuh anda akan kelelahan terlebih dahulu. Lakukan pemanasan selama 8-10 menit dengan jalan kaki atau naik sepeda, baru kemudian dapat di lanjutkan dengan latihan inti selama 15- 20 menit.

5. Memaksakan beban
Jangan paksakan anda mengangkat beban sampai beban maksimum atau 100% dari berat badan anda, karena akan merusak otot anda dan rawan cidera. Berlatihlah 60-85 % pada tingkat awal

Demikian tadi 5 hal yang harus di perhatikan saat memulai latihan angkat beban, semoga bermanfaat :) .

0 komentar:

Posting Komentar