Sabtu, 16 Januari 2016

15 cara menjaga kulit wajah sehat. Wajib tahu !!

Mempunyai kulit wajah yang sehat dan terawat tentu saja merupakan idaman setiap wanita.  Karena dengan kulit wajah yang terawat dan sehat kita akan lebih percaya diri dalam berpenampilan. 
Kulit sangatlah perlu perhatian yang lebih dan tentunya juga harus kita rawat dengan baik. Kulit rentan sekali terkena penyakit-penyakit yang beterbaran. Karena kulit berada di luar atau sebagai pelindung dari organ tubuh yang lainnya, maka sangatlah sering terjadi masalah pada kulit. Kulit yang sehat juga bisa didapatkan dari pola hidup dan rutinitas sehari-hari yang sehat. 15 tips sederhana berikut ini dapat dilakukan sehari-hari, untuk mendapatkan kulit sehat secara alami serta mencegah proses penuaan dini pada kulit:

1. Memakai tabir surya

Sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Maka dari itu, Anda wajib memakai tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memilih tabir surya dengan SPF tinggi jika aktivitas Anda lebih sering di luar ruangan. Oleskan tabir surya ke bagian kulit yang sering terekspos sinar UV minimal 15-20 menit sebelum pergi, sehingga tabir surya dapat diserap dengan baik ke dalam kulit. 

2. Membersihkan sisa riasan sebelum tidur

Setelah Anda bepergian atau beraktivitas seharian di luar ruangan, segera bersihkan sisa riasan sebelum pergi tidur. Anda perlu membersihkan wajah dengan susu pembersih, astringent atau air mawar. Setelah Anda menghapus sisa riasan sepenuhnya, kemudian gunakan sabun cuci muka untuk membersihkan wajah. Terakhir, oleskan vitamin atau krim untuk melembapkan kulit. 

3. Menghindari jerawat

Jerawat adalah dampak dari kulit berminyak dan polusi. Namun, jerawat juga bisa dipicu oleh ketidakseimbangan hormon atau faktor lainnya. Bersihkan wajah secara teratur untuk menjaga kulit dari minyak berlebih. Dan jangan mencoba untuk menekan jerawat. 

4. Makan makanan sehat dan banyak minum air

Sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Perbanyak makan makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan segar. Dan minum minimal 8-10 gelas sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

5.Istirahat yang Cukup

Tidur yang normal adalah 7-9 jam perharinya. Dengan begitu maka tubuh anda pasti akan terasa lebih segar dan fit. Maka kulit juga bisa dipengaruhi oleh kekurangan istirahat.Menjaga kebersihan kulit sangat baik untuk menghindari munculnya masalah-masalah pada kulit, kulit yang bersih tentunya memberikan rasa aman pada kulit. 




6. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.

Sebaiknya Anda mencoba produk terlebih dahulu. Hindari area kulit wajah, sapukan produk sedikit di sisi leher agar dapat ditutupi dengan rambut jika mengalami reaksi. Apabila telah melewati tes selama 3 hari, berarti Anda dapat melanjutkan produk tersebut. Apabila produk memiliki kandungan yang mudah menyebabkan iritasi sepertiretinol atau alpha hydroxy acids tetap menggunakan pembersih dasar tanpa antioksidan dan tidak menyebabkan pengelupasan. 

7. Penggunaan moisturizer yang tidak tepat

Problem kulit wajah seperti iritasi disebabkan oleh penggunaan moisturizer yang tidak sesuai dengan  kulit. Karena itu, jika Anda memiliki:

-kulit berminyak, gunakan lotion tanpa kandungan minyak atau oil free
- kulit kering, gunakan krim yang bertekstur padat dengan kandungan yang kaya akan air  
- kulit sensitif, pilih produk tanpa kandungan wewangian (fragrance free). 
Sebaiknya Anda mencoba produk terlebih dahulu. Hindari area kulit wajah, sapukan produk sedikit di sisi leher agar dapat ditutupi dengan rambut jika mengalami reaksi. Apabila telah melewati tes selama 3 hari, berarti Anda dapat melanjutkan produk tersebut. Apabila produk memiliki kandungan yang mudah menyebabkan iritasi sepertiretinol atau alpha hydroxy acids tetap menggunakan pembersih dasar tanpa antioksidan dan tidak menyebabkan pengelupasan. 

8. Hindari rokok

Merokok dapat memberikan efek buruk bagi kulit. Rokok dapat mempersempit pembuluh-pembuluh darah yang berada pada lapisan terluar kulit, sehingga aliran darah ke daerah tersebut berkurang. Akibatnya adalah lapisan terluar kulit mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi lainnya yang sangat penting untuk kulit.
Selain itu, rokok menyebabkan penuaan dini dan timbulnya kerutan pada wajah. Hal ini terjadi karena rusaknya kolagen dan elastisitas serat kulit, khususnya di wajah, akibat proses penggunaan otot pada wajah yang berulang-ulang saat menghisap dan menghembuskan asap rokok.
9. Gunakan sabun yang sesuai

Ada sebagian orang jika setelah mandi maka kulitnya terasa kering.
Hal tersebut dipengaruhi oleh sabun, sabun yang keras menyebabkan kulit menjadi kering. Dan untuk menghindari hal tersebut maka gunakanlah sabun yang lembut dan tentunya nyaman serta sesuai dengan kulit anda. Tetapi jika kulit sudah kering bisa membaca

10. Gunakan lotion di malam hari

Untuk perawatan kulit di malam hari, gunakan lotion yang memiliki kandunganretinol. Apabila kulit menjadi kemerahan, baurkan  pelembab terlebih dahulu dan aplikasikan saat kulit dalam keadaan kering.

11. Pilih formula hyaluronic acid (HA)

 Anda membutuhkan serum, pilih formula hyaluronic acid (HA). Untuk mengurangi garis halus dan menjaga kulit tetap kencang, retinol menjadi kandungan yang ampuh. Sedangkan Untuk menyamarkan bintik hitam, coba serum dengan kandungan kedelai (soy).

12. Menggunakan pembersih yang mengandung 5 dan 1 persen salicylic acid.

 Pori-pori besar muncul disebabkan karena tersumbatnya kulit mati serta minyak. Cara yang paling cepat untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan pembersih yang mengandung 5 dan 1 persen salicylic acid.

13. Gunakan produk berikut: 
- Pelembab dengan spf. Spf menjadi kunci karena sinar matahari dapat menstimulasi produksi minyak.
Foundation bubuk untuk membantu menyempurnakan riasan. Bila Anda terbiasa menggunakan liquid foundation, taburkan sedikit bedak pada permukaan kulit.
- Kertas minyak. Gunakan kertas dari plastik yang dapat menyerap minyakdan dapat digunakan tanpa merusak riasan.

14. Pastikan Anda memilih concealer yang mudah membaur. 

Pilih warna yang sesuai dengan kulit wajah Anda. Karena Warna yang lebih terang akan mengundang perhatian di sekitar mata.

15. Bintik-bintik hitam relatif muncul seiring bertambahnya usia. Untuk menyamarkannya jika: 
- kondisi masalah ringan: gunakan krim dengan kandungan retinol yang tinggi.
- kondisi masalah serius: konsultasikan dengan dokter ahli kulit untuk mendapatkan krim 
yang tepat.

Selamat mencoba...... :)

2 komentar:

  1. membantu sekali gan thanks
    http://jellygamatqncoriginal.xyz/

    BalasHapus
  2. Kami adalah situs agen judi online yang merupakan agen poker & agen domino online uang asli terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kami hadir dengan sistem program terbaik yang menjamin keamanan data para member dan server canggih berkecepatan tinggi yang menjamin permainan cepat dan lancar tanpa macet. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus