Minggu, 10 Januari 2016

Tahukah anda?? macam-macam cara diet yang sehat




Halo sobat semua... , bagaimana kabarnya ? Saya berharap sobat semua selalu dalam keadaan sehat, ... Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang diet,hehe.. Bicara soal diet kita langsung membayangkan tentang proses penurunan badan, :).. Langsing, kurus dll. Tetapi apakah yang dimaksud diet adalah  hal yang seperti kita bayangkan di atas...,???  Hehe..kita cek kebenarnya.. 

Pengertian diet

Menurut   wikipedia Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Jenis diet sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut masyarakat tertentu. Walaupun manusia pada dasarnya adalah omnivora, suatu kelompok masyarakat biasanya memiliki preferensi atau pantangan terhadap beberapa jenis makanan.

Dalam bahasa indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Dalam pekembangannya, diet dalam konteks upaya mengatur asupan nutrisi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

1.Menurunkan Berat (massa) Badan misalnya bagi model atau aktris yang ingin menjaga penampilannya.

2.Meningkatkan Berat (massa) Badan misalnya bagi olahragawan atau atlet binaraga yang ingin meningkatkan massa otot.

3.Pantang Terhadap Makanan Tertentu misalnya bagi penderita diabetes (rendah karbohidrat (glukosa) dan kalori).

Asupan nutrisi seseorang sangat berpengaruh terhadap massa tubuhnya. Pola makan yang seimbang akan memberikan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga tubuh kita akan berfungsi dengan baik. sayangnya hal ini menjadi tantangan yang sulit terpecahkan oleh sebagian besar orang di dunia. sebuah semangat dan komitmen merupakan hal yang utama dalam diet.( sumber: wikipedia)


Diet air putih
Hmmm... Diet air putih mungkin sudah sering sobat dengar,  akan tetapi bagaimana caranya,  apakah kita tinggal minum air putih seperti biasa,  atau minum air putih sebanyak2 nya,  atau bagaimana cara yang benar. 
Nah, tapi tahukan sobat bahwa program diet dapat dilakukan tidak hanya dengan cara mengurangi asupan kalori dan lemak dalam tubuh, tetapi bisa juga dilakukan dengan cara-cara yang sederhana dan lebih mudah. Yaitu dengan minum air putih. Benarkah ? Ya, sobat dapat membentuk tubuh dan berat badan yang proporsional hanya dengan mengonsumsi air putih. Namun anda harus memperhatikan teknis atau cara caranya.Saya kutip dari carasehat.com diet dengan air putih adalah sbb :
1.Atur seperti minum obat
Untuk dapat mengurangi berat badan anda harus rajin rajin minum air putih. Buat jadwal untuk minum air putih dalam sehari, minimal harus 8 gelas dalam sehari. Silahkan anda atur setiap 2 jam atau 3 jam sekali secara teratur untuk mengonsumsi air putih layaknya minum obat.
2.Minum dengan suhu normal
Sobat harus meminum air putih dengan suhu yang normal, jangan minum air putih hangat ataupun dingin. Air putih dengan suhu yang normal akan mudah diserap tubuh dan membantu proses diet.
3.Buatlah pengingat
Sobat bisa menggunakan alarm untuk mengingat kapan harus minum air putih agar program diet air putih dapat teratur, berjalan sesuai rencana, dan tentunya akan memberikan manfaat yang maksimal.
Adakah resiko diet air?
Ketika sobat mengisi tubuh hanya dengan air, maka dalam jangka pendek sobat akan kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Namun, hasilnya akan ada penurunan berat badan. Sobat juga akan kehilangan lebih banyak otot dibandingkan saat mengonsumsi makanan pada umumnya, sehingga dianjurkan menjalankan diet air ini tidak terlalu lama.
Kemudian tingkatkan asupan per hari 500-800 kalori, artinya sobat harus makan lebih sedikit untuk mempertahankan penurunan berat badan. Tingkat metabolisme tubuh tentunya akan menurun secara signifikan, sehingga ada kalanya sobat merasa lemas.
Pastikan untuk tetap mendapat cukup air saat puasa agar tidak ada resiko efek samping seperti dehidrasi, cukupi kebutuhan air di manapun sobat berada agar tidak menyebabkan pusing, sembelit, sakit kepala dan beberapa hal lainnya.
Saran dari para ahli tentang diet air
The Mayo Clinic menyarankan agar setiap orang mencukupi kebutuhan air minum untuk menghindari dehidrasi. Namun, menjalankan diet air berkepanjangan tidaklah disarankan karena tubuh tetap harus mendapatkan nutrisi.
Diet air hanya membantu dalam beberapa waktu untuk memotong kalori di dalam tubuh untuk mempermudah sobat mencapai target penurunan berat badan. Selanjutnya, sobat harus memberikan nutrisi tubuh dengan cermat memilih makanan bergizi.( sumber: carasehat.com)

Diet dengan air kelapa

Bagaimana air kelapa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan?? kelapa merupakan minuman yang sangat ampuh untuk mencegah dehidrasi sekaligus membantu proses diet, bahkan nomor dua setelah air. Dari segi airnya saja sudah bermanfaat; air dapat membantu proses metabolisme serta mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Air kelapa juga mengandung vitamin B yang menjadi sumber energi serta bisa memperkuat otot.


Jika sobat masih sulit memercayai tingkat efektifitas air kelapa dalam membantu proses diet yang lebih sehat, berikut adalah beberapa cara kerja air kelapa dalam hal menurunkan berat badan:

  1. Glukosa alami di dalam air kelapa dapat memicu penyerapan glukosa oleh aliran darah, sehingga membantu mencegah diabetes serta mengurangi serangan rasa lapar yang tiba-tiba.
  2. Air kelapa adalah minuman yang enak namun tanpa lemak dan kolesterol; segelas air kelapa hanya mengandung sekitar 46 kalori.
  3. Air kelapa mengandung banyak potassium yang bisa membantu konversi lemak menjadi otot. Semakin banyak masa otot yang anda miliki, semakin mudah tubuh membakar lemak.
  4. Air kelapa memiliki kepekatan yang lebih rendah dibandingkan air dari buah lain, apalagi bila dicampur air lemon. Campuran kedua jenis air buah ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu proses pencernaan. Minuman ini bahkan banyak direkomendasikan oleh para dokter karena fungsi tersebut.
  5. Ada kondisi yang bisa menghalangi penurunan berat badan, misalnya hypothyroidism. Jika anda menderita kondisi ini, minum air kelapa bisa membantu dalam hal diet karena air kelapa bisa membantu memperbaiki fungsi kelenjar thyroid yang pada akhirnya bisa membantu proses diet sehat dengan lebih baik.

Diet dengan buah-buahan


Mengkonsumsi berbagai jenis buah buahan sebagai cara diet merupakan pilihan yang tepat. Banyak jenis buah yang dapat dimanfaatkan sebagai penurun berat badan dan pemenuhan gizi untuk tubuh kita. Selain mampu membentuk tubuh dengan berat badan yang ideal, kita dapat mengambil manfaatnya untuk kecantikan kulit kita. Adapun beberapa buah yang bermanfaat untuk program diet yaitu:
Apel
Apel merupakan buah yang kaya akan vitamin C, antioksidan, dan mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama diperut kita. Kandungan vitamin C pada buah ini akan membantu pengikatan lemak di tubuh kita. Selain itu, kandungan antioksidannya mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap penyakit kanker dan pengaruh radikal bebas. Oleh sebab itu, tips diet cepat dan sehat ini mampu menurunkan berat badan kita secara optimal
Jeruk
Jeruk menjadi salah satu buah berkhasiat untuk diet. Untuk melancarkan program diet, kandungan jeruk biasa diambil sebagai alat penghancur lemak yang optimal. Vitamin C yang ada di buah ini juga mampu membuat kulit tubuh kita semakin cerah dan cantik. Maka buah penurun berat badan ini cocok dikonsumsi dalam program diet kita.
Diet dengan sayur-sayuran
Asparagus bisa menjadi jenis sayuran untuk menunda rasa lapar dan cocok dikonsumsi saat berdiet. Caranya dengan memakan karbohidrat dalam jumlah kecil di pagi hari dan perbanyak makan asparagus. Hal ini akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga berat badan  bisa terkontrol.
Manfaatkan sayuran sebagai makanan pokok  dan imbangi dengan asupan air mineral yang cukup. Menjadikan sayuran sebagai makanan pokok bukan hanya akan menurunkan berat badan, tapi juga bisa membantu proses detoksifikasi atau menghilangkan racun dalam tubuh.
Diet cepat dan sehat dengan sayuran memiliki keunggulan karena dibolehkan untuk makan secara berulang-ulang. Namun yang perlu diperhatikan adalah mengurangi porsi dari biasanya dan memperbanyak sayuran. Konsumsi karbohidrat juga tetap diperlukan, akan tetapi berfungsi hanya sebagai penyeimbang nutrisi saja. 
Kesimpulan
Bagimanapun juga pilihan ada di tangan anda.  Mau diet dengan air putih,  atau dengan air kelapa,  atau dengan buah dan sayuran semuanya merupakan pilihan yang tepat. Lebih baik lagi apabila sobat semua mengkombinasikanya dengan olahraga rutin 3 x seminggu. Semoga bermanfaat:)

1 komentar:

  1. Kami adalah situs agen judi online yang merupakan agen poker & agen domino online uang asli terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kami hadir dengan sistem program terbaik yang menjamin keamanan data para member dan server canggih berkecepatan tinggi yang menjamin permainan cepat dan lancar tanpa macet. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus